Apa Itu Asuransi Pendidikan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

. Apa Itu Asuransi Pendidikan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tahukah Anda bahwa Anda dapat membeli polis asuransi untuk menutupi biaya pendidikan tinggi anak Anda? Pelajari semua tentang itu dengan panduan kami untuk dana pendidikan!

Biaya Pendidikan

Bukan rahasia lagi bahwa pendidikan tinggi itu mahal dan tentu saja tidak mendapatkan yang lebih murah apa dengan inflasi dan kenaikan biaya umum.

Saat ini, bahkan program gelar bisnis dasar di Malaysia dapat menelan biaya lebih dari RM50.000 di universitas swasta. Jika kami memperkirakan tingkat inflasi kami menjadi 4%, Anda akan membutuhkan sekitar RM109.000 untuk mencocokkan angka itu dalam 20 tahun – itu adalah angka yang besar! Dan kami bahkan belum mempertimbangkan pendidikan di luar negeri!

Opsi Pembiayaan Pendidikan Tinggi

Jadi bagaimana orang membayar biaya pendidikan anak-anak mereka dengan begitu mahal? Ada banyak pilihan untuk dipastikan, tetapi setiap jalur pembiayaan dilengkapi dengan set biaya sendiri. Misalnya, orang tua dapat memilih untuk membayar pendidikan anak-anak mereka dengan menarik diri dari akun EPF mereka tetapi ini akan menyebabkan dana pensiun yang habis dan hilangnya pendapatan dividen.

Yang lain mungkin mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman pribadi atau menggadaikan kembali untuk mendanai pendidikan anak-anak mereka, tetapi ini juga akan menimbulkan biaya bunga. Selain itu, beberapa bahkan mungkin tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pembiayaan untuk jumlah selangit yang mereka butuhkan, terutama jika mereka harus membayar untuk pendidikan tinggi lebih dari satu anak.

Tentu saja selalu ada opsi pinjaman PTPTN untuk dipertimbangkan. Tapi itu pada dasarnya akan membebani seorang dewasa muda (jika mereka bahkan memenuhi syarat di tempat pertama) dengan hutang jangka panjang sebelum mereka bahkan mendapatkan gaji pertama mereka.

ApaItu Kebijakan Pendidikan?

Ada dua jenis dasar rencana pendidikan – sumbangan dan kebijakan terkait investasi. Kebijakan sumbangan menyerupai rekening tabungan dengan manfaat asuransi sedangkan kebijakan terkait investasi memungkinkan Anda berinvestasi dan tetap mempertahankan pertanggungan.

Untuk kedua jenis polis, manfaat jumlah bulat biasanya dirilis pada saat jatuh tempo plus bonus pada akumulasi premi.

Sekarang dengan rencana pendidikan yang terkait dengan investasi, dana yang berkinerja baik dapat memperoleh dividen dan bonus khusus yang harus dibayarkan ketika kebijakan mencapai jatuh tempo. Namun, itu juga bisa lebih mahal untuk mempertahankan sedangkan kebijakan sumbangan biasanya biaya kurang keseluruhan.

Manfaat Membeli Kebijakan Pendidikan

Berikut adalah enam alasan mengapa Anda harus serius mempertimbangkan untuk membeli kebijakan pendidikan:

  1. Dapatkan Bonus dan Top-up

Manfaat terbesar untuk membeli kebijakan semacam itu adalah potensi pembayaran bonus yang ditambahkan ke dana pendidikan anak Anda saat Anda terus membayar premi. Tingkat bonus bervariasi dengan penyedia dan paket, misalnya, AIA EduAchieve menawarkan bonus 15 kali lipat dari premi yang dibayarkan ketika anak Anda masuk universitas. AXA di sisi lain menawarkan bonus 2% dari nilai akun selama 60 bulan terakhir dari polis.

  1. Anda Dapat Mulai Menabung Untuk Anak Anda Sejak Dini

Sebagian besar kebijakan ini dapat dimulai segera setelah anak Anda berusia 14 hari dan jika Anda mempertahankan pembayaran premi Anda, anak Anda akan memiliki dorongan finansial yang signifikan yang telah dikembangkan selama 18 hingga 23 tahun.

  1. Pengendara Pembayar

Pengendara ini membantu menutupi premi dasar jika salah satu atau kedua orang tua meninggal atau menderita cacat total. Dengan cara ini, apa pun yang terjadi pada Anda, setidaknya Anda akan memiliki ketenangan pikiran mengetahui bahwa anak Anda memiliki sarana keuangan untuk mengejar pendidikannya.

  1. Nikmati Bantuan Pajak

Asuransi pendidikan yang dibeli untuk anak-anak Anda dapat diklaim hingga RM3.000 per tahun (dikombinasikan dengan asuransi kesehatan). Dengan cara ini Anda membayar pajak lebih sedikit dan masih memberikan pendidikan anak Anda.

  1. Akses ke Penarikan Kecil

Jika Anda mengalami kesulitan uang, kebijakan pendidikan tertentu memungkinkan penarikan sebagian kecil tanpa membebankan biaya penarikan. Di sini Anda masih dapat mempertahankan jumlah yang disimpan sambil memiliki akses gratis ke uang tunai yang Anda butuhkan.

  1. Bantuan Gratis

Kebijakan pendidikan juga dapat menawarkan manfaat tambahan seperti layanan pramutamu untuk membantu anak Anda menetap di universitas atau perguruan tinggi dengan sesedikit mungkin kerumitan. Pramutamu dapat membantu dengan pemesanan akomodasi, penerbangan, visa pelajar, dll.

Apa Lagi yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Pendidikan

Ketika datang ke asuransi pendidikan, pertimbangkan bahwa ini adalah kebijakan jangka panjang. Komitmen keuangan Anda biasanya berlangsung 18 hingga 23 tahun. Ini berarti bahwa Anda perlu mengikuti pembayaran secara finansial dalam jangka waktu yang luas atau berpotensi kehilangan kontribusi premi Anda.

Selain itu, kebijakan ini hanya berlaku untuk mereka yang berusia di bawah empat belas tahun. Dengan demikian, asuransi pendidikan bukanlah opsi yang cocok untuk semua orang tua dan anak-anak.

Jika anak Anda sudah berusia empat belas tahun atau lebih, masih ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membantu membayar pendidikan mereka – hanya menabung sebanyak mungkin untuk mereka! Pertimbangkan membuka rekening tabungan berbunga tinggi atau rekening Deposito Tetap untuk memaksimalkan potensi tabungan untuk pendidikan anak Anda!